Pembagian Ilmu Ekonomi

Mungkin salah satu dari kita ada yang tertarik mempelajari ilmu ekonomi, ilmu ekonomi merupakan cabang studi yang sangat mudah kita jumpai di perguruan tinggi Indonesia baik itu swasta maupun negeri.

Ekonomi merupakan salah satu masalah sebuah bangsa, maka tidak heran apabila banyak orang yang tertarik mempelajari ilmu ekonomi. Tujuannya ya agar menjadi bagian dalam menuntaskan masalah-masalah tersebut.

Maka pasti tuh ketika kampanya, ekonomi pasti menjadi perhatian paling istimewa. Janji bakalan stabilin harga lah, menjamin barang-barang murah, sejahtera para buruh, petani dan masih banyak lagi. Lalu sudahkah kita paham tentang ilmu ekonomi ini? Berikut adalah penjelasan ringkas mengenai pembagian ilmu ekonomi : 

Definisi Ilmu Ekonomi
ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan dengan menggunakan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk menghasilkan berbagai jenis barang/jasa yang dapat memenuhi kebutuhan baik sekarang maupun yang akan datang (Paul A.Samuelson)

Pembagian Ilmu Ekonomi

  1. Ekonomi deskriptif mempelajari tentang permsalahan, kajadian, dan peristiwa ekonomi berdasarkan fakta atau kenyataan yang sesungguhnya.
  2. Ekonomi terapan adalah bagian dari ilmu ekonomi yang menyangkut kebijaksanaan ekonomi yang perlu diterapkan dalam daerah atau negara tertentu.
  3. Ekonomi mikro memfokuskan pembahasannya pada perilaku individual dari pelaku ekonomi.
  4. Ekonomi makro memfokuskan pembahasannya pada gejala-gelaja ekonomi secara keseluruhan.

Mikro dan Makro Ekonomi

Ekonomi Mikro
memusat perhatian pada kegiatan ekonomi individual atau kelompok individu tertentu,
Mengabaikan hubungan keterkaitan antar pasar & mengasumsikan bahwa hal-hal lain yang terjadi di luar pasar tidak berubah
Ekonomi Makro
Memusatkan perhatian pada besaran-besaran agregat: PDB dan gap PDB, trade off pengangguran dan inflasi, kebijakan fiskal, moneter dan dampaknya, ekspor, impor, dll.
Secara eksplisit memperhitungkan keterkaitan antar pasar: produk, tenaga kerja, uang, keputusan-keputusan pemerintah dan individu

Ketika kalian sudah memahami pembagian ilmu ekonomi, sudah tahukah kalian apa tujuannya mempelajari ilmu ekonomi? Jika belum silahkan baca dalam artikel yang berjudul : Pengertian Ilmu Ekonomi dan Tujuan Ilmu Ekonomi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karakteristik kewirausahaan menurut Fadel Muhammad

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Wujudnya

Contoh-Contoh Pasar Monopoli